Selasa, 28 Februari 2012

Cara penulisan daftar Pustaka

Cara penulisan daftar Pustaka


Daftar pustaka merupakan suatu biografi buku atau sumber lainnya yang menjadi acuan kita untuk membuat makalah atau laporan kita. Sebelumnya saya memposting tentang contoh daftar pustaka dari internet beserta cara penulisannya. Kali ini saya akan mencoba memposting sistematika dalam membuat daftar pustaka yang berasal dari buku.

Sudjana., (1992), “Metode Statistika”, Edisi kelima, Penerbit Tarsito, Bandung. 

Biasayany penulisannya berbeda - beda sesuai dengan pedoman penulisan daftar pustaka yang digunakan.  Daftar pustaka disusun menurut abjad nama belakang penulis pertama. ditulis dalam 1 spasi. Jarak antara daftar yang lain adalah 1 1/2 spasi. Baris pertama rata kiri dan baris selanjutnya menjorok ke dalam.

Penulisan Pustaka :
Nama Pengarang, tahun terbit, Judul Buku ( harus ditulis miring ) volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit, tempat terbit.

catatan dalam cara penulisan daftar pustaka

  • Jika nama penulis lebih dari 2 nama atau lebih, cara penulisannya menggunakan nama keluarga atau nama utama diikuti dengan koma dan singkatan - singkatan nama lainnya diikuti dengan titik.
  • Nama utama atau nama keluarga yang diikuti dengan singkatan, ditulis sebagai nama yang menyatu.
  •  Penulisan gelar sarjana tidak perlu di buat
  • Gunakan istilah anonim jika tidak tahu nama penulis
  • Dalam daftar pustaka tidak diperbolehkan membuat dengan singkatan dkk 
Itulah cara penulisan daftar pustaka. Sejauh ini saya memakai cara ini dan tidak ada masalah. Jika ada yang tidak sesuai mohon dikoreksi. Terima kasih telah berkunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar